Select Page

Tidak terbayangkan dalam pikiran kami, merayakan ulang tahun Bloggercrony tahun 2020 secara daring. Mengapa? Karena secara teknis pelaksanaan telah kami persiapkan jauh-jauh hari, setidaknya 3 hingga 4 bulan sebelum hari perayaan. Bahkan kami sudah mendapatkan beberapa sponsor serta tempat acara untuk mendukung terselenggaranya acara ini.

Teman belajar kakak-kakak blogger pun telah menyetujui untuk berbagi sesuai dengan kapasitasnya, dalam perencanaan ada tiga teman belajar yaitu Mas Tuhu Nugraha, Mas Mataharitimoer, dan tentunya pengawas Bloggercrony tercinta, siapa lagi kalau bukan Mas Anwari Natari (akrab dipanggil Mas Away).

Rasanya seluruh persiapan sudah kami lakukan dengan begitu baik, mulai dari pemilihan kakak-kakak blogger yang dapat mengikuti kegiatan, mengundang para mitra, hingga buah tangan ala kadarnya untuk dibawa pulang kakak-kakak blogger pun sudah siap untuk kami kemasi, tak kalah penting PIN khas BloggerDay rampung.

Kami pikir semua sempurna dan akan berjalan sesuai rencana. Namun kurang lebih dua pekan sebelum acara terselenggara, pemerintah mengumumkan pandemik Corona di Indonesia. Pengumuman tersebut bersamaan dengan anjuran berkegiatan di rumah untuk hampir seluruh sektor, serta larangan berkumpul dalam jumlah besar, guna membantu garda terdepan penanggulangan virus ini, siapa lagi kalau bukan kawan-kawan tenaga kesehatan.

 

Bergerak Cepat Untuk Temukan Solusi Terbaik Adakan BloggerDay 2020

Anjuran berdampak langsung kepada seluruh agenda baik pemerintah atau swasta, serta pelbagai kegiatan di banyak tempat, acara yang telah kami persiapkan pun turut terdampak karena pembatasan sudah hadir berkegiatan besar sudah banyak dilaksanakan. Kami tak ingin larut dalam kepanikan, perlu ada pesan-pesan baik di tengah kondisi rentan pasca maklumat diumumkan kepada masyarakat.

Para pendiri dan pengurus berkoordinasi lewat grup WhatsApp. Kami dipacu untuk beradaptasi dengan segera agar mendapatkan solusi terbaik dalam perayaan hari jadi. Dalam ingatan penulis, para pendiri memberikan beberapa opsi. Pertama, penjadwalan ulang kegiatan setelah ada keadaan baik. Kedua, membatalkan kegiatan baik daring atau pun luring, Ketiga, kegiatan dilakukan daring secara penuh.

Setiap opsi memiliki konsekuensi masing-masing, kami mencoba menimbang dengan cermat opsi terbaik di tengah kondisi rentan. Setiap opsi kami diskusikan dengan serius, tak jarang silang pendapat hadir antara kami. Pertimbangan paling mendasar tentu tentang kesehatan kakak-kakak blogger, serta perlu bagi kita mendukung maklumat untuk membantu kawan-kawan tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan.

Dinamika yang hadir untuk mendapatkan opsi terbaik menjadi tantangan, walhasil Ibu Lurah Bloggercrony memutuskan untuk mengambil jalan voting, untuk mendapatkan kepastian bersama dalam penyelenggaraan. Langkah tersebut boleh dibilang tepat, sehingga suara kami bulat untuk mengambil jalan, yang disebut Selebrasi Virtual.

Selebrasi Virtual barangkali menjadi satu diantara banyak jalan yang kami pilih bersama, untuk patuh terhadap arahan pemerintah pusat dan daerah tentang pembatasan sosial. Lebih dari itu setiap dari kita perlu untuk saling menjaga, karena pada kondisi rentan seperti ini menjaga jarak menjadi kunci kehidupan mendatang yang berbahagia.

BloggerDay 2020: Selebrasi Virtual Penuh Kreativitas

Kami sangat terharu atas apa yang dilakukan oleh kakak-kakak blogger dalam selebrasi virtual, kami melihat betapa kakak-kakak blogger kreatif serta tulus dalam membuat konten di pelbagai kanal sosial media tentang Bloggercrony. Kami terharu melihat keragaman ekspresi nan kreatif didedikasikan kepada Bloggercrony.

Sejujurnya penulis tidak menyangka selebrasi virtual akan semeriah ini. Namun kakak-kakak blogger tersayang, dibalik kemeriahan selebrasi virtual yang kita rayakan bersama, yang tak kalah penting adalah rasa hangat yang terpancar hingga sampai kepada kami. Tanpa kakak-kakak blogger apalah artinya kami.

 

 

Bloggerpreneur Menemukan Jalannya

BloggerPreneur merupakan satu diantara program yang dirancang oleh para pendiri Bloggercrony yang biasanya kami hadirkan dalam kesempatan tertentu saja, satu diantaranya saat BloggerDay berlangsung. BloggerPreuner merupakan langkah nyata kami memperkuat value empowering dengan membantu kakak-kakak blogger yang memiliki usaha/pelaku UKM untuk memanfaatkan sosial media secara maksimal.

Setiap tahunnya kakak-kakak blogger yang memiliki usaha terus bertambah. Baru pada tahun ini kami menemukan bentuk yang cukup proporsional untuk program BloggerPreneur, yaitu dengan meluncurkan #MarketDay. Kami turut memberikan tempat untuk saling memperkenalkan produk/jasa yang ditawarkan. Yaitu kegiatan pada kanal Facebook Group Bloggercrony yang akan dilaksanakan setiap Sabtu, dengan dipandu oleh kakak admin yang bertugas. Kami ucapkan terima kasih kepada kakak-kakak bloggerpreneur yang memberikan banyak dukungan dalam perayaan BloggerDay 2020.

Ucapan Terima Kasih kepada Sponsor

Selebrasi Virtual BloggerDay 2020 pun mendapatkan dukungan secara baik dari sponsor, tentunya kami sangat berterima kasih kepada Sinarmas Land, Sisternet, Mokzhaware, dan MAPemall. Senang dapat berkolaborasi untuk menyelenggarakan hari jadi Bloggercrony ke-5, walaupun tidak dapat saling bertatap muka.

Terima kasih untuk semua, sampai bertemu di BloggerDay 2021!

*kontributor: BCN Squad domisili Jakarta | Fawwaz Ibrahim