Select Page

Halo BCCSquad!

Bagi sebagian Usaha Kecil Menengah (UKM) pemula, terutama perempuan, biasanya mereka langsung terjun dalam usahanya sendiri tanpa berbekal ilmu. Pengusaha perempuan selain menangani urusan rumah tangga, juga menangani orderan, pengemasan, bahkan pemasaran pun dilakukan sendiri. Hal ini tentunya harus didukung oleh suatu komunitas agar para perempuan yang terlibat dalam UKM lebih berdaya, terutama dalam hal pemasaran.

Saat ini pemasaran digital sangat berpengaruh terhadap orderan. Sayangnya, banyak pengusaha UKM yang masih meraba-raba, mana yang dirasa efektif. Bloggercrony Community (BCC) berkolaborasi dengan Sisternet dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengadakan pelatihan UKM untuk pengusaha perempuan di Batiqa Hotel Darmo Surabaya. Pelatihan yang diselenggarakan Sabtu (12/10/2019) lalu mengangkat tema ”Sister UKM Go Online”. Pelatihan ini mengajarkan kaum perempuan untuk melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital demi memacu produktivitas usaha kecil menengah.

Sambutan Astri Mertiani dari Sisternet mengawali acara yang dihadiri puluhan pelaku UKM perempuan. Beliau mengenalkan apa itu Sisternet. Sisternet merupakan program CSR XL Axiata. Secara online, Sisternet memberdayakan perempuan dengan mengedukasi melalui Modul Pintar Sisternet. Di dalam modul ada video pembelajaran tentang: Ibu dan Anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya. Modul ini bisa diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar atau melalui aplikasi Sisternet yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Secara offline, Sisternet mengadakan pertemuan atau pelatihan seperti yang diadakan di Batiqa Hotel Darmo Surabaya ini. Kali ini pemateri yang dihadirkan adalah Riski Hapsari (owner Koleksikikie) dan Wardah Fajri (owner Digital Kreativ Hub & Founder Bloggercrony Community).

Riski Hapsari membahas tentang pemasaran digital yang efektif untuk UKM. Pemasaran digital ada macam-macam, misalnya aplikasi chatting (Whatsapp. Line, FB Messenger, dll), media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube), marketplace, dan website. Masing-masing punya kelebihan dan keefektifan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, hendaknya semua lini pemasaran digital pemula diawali dari situ.

Selanjutnya, Wardah Fajri menjelaskan tentang optimasi media sosial UKM cerdas digital. Masing-masing media sosial, punya ciri khas dan trik khusus agar menarik dilihat oleh calon konsumen. Media sosial yang banyak digunakan saat ini adalah Instagram. Jika menggunakannya, kita harus pintar-pintar mengunggah konten kreatif yang menarik disertai caption dan tagar tertarget.

Puas dengan rangkaian ilmu yang diberikan dari para narasumber, acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan ramah-tamah secara prasmanan.

Untuk makanan, menu yang disajikan di Batiqa Hotel Darmo Surabaya ini sungguh beragam dan cocok di lidah. Ada menu khas lokal seperti soto banjar, bubur madura, jamu sinom beras kencur. Ada juga menu western seperti nasi goreng, mie, olahan ayam, cake, dll. Ngomong-ngomong tentang Batiqa Hotel Darmo Surabaya, hotel ini letaknya strategis cocok untuk staycation di akhir pekan karena sangat dekat ke area car free day Darmo. Yang unik dari hotel ini adalah area lobi yang merupakan bangunan cagar budaya karena dibangun pada tahun 1920. Selain itu, ada rooftop resto yang instagramable.

Nantikan acara SisternetXBloggercrony selanjutnya, ya. Pelatihan UKM perempuan berikutnya akan diadakan di Semarang dan Bali. Sampai jumpa!

Kontributor BCC Squad Surabaya: Li Partic