Select Page

Halo, BCCSquad!

Bloggercrony Community (BCC) kembali berkolaborasi dengan Sisternet, program CSR dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Rabu (28/08/2019) lalu, Bloggercrony dan Sisternet menggelar pelatihan tentang membentuk tim hebat dan pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan UKM  perempuan di Ngalup Co-working Space, Malang, Jawa Timur. Tema yang diambil adalah “Sister UKM Go Online”. Pelatihan ini mengajarkan kaum perempuan bagaimana memanfaatkan secara maksimal teknologi dan sarana digital untuk memacu produktifitas UKM.

Sister UKM Go Online, Kolaborasi Sisternet dan BCC

Sister UKM Go Online, Kolaborasi Sisternet dan BCC (dok. Pojokibu)

Seperti kita ketahui bersama, teknologi digital terus berkembang. Adanya dukungan tim yang hebat dengan optimasi teknologi yang tepat mampu meningkatkan produktifitas usaha. Pelatihan seperti ini akan sangat membantu penggiat UKM untuk lebih memacu produktifitas usaha mereka.

Acara yang berlangsung selama 3 jam (dari pukul 9.00 hingga 12.00 WIB) ini menghadirkan 2 pembicara yang merupakan praktisi di bidangnya masing-masing. Ada  Tyas Windarti, CEO Bayi Banget Hijab, dan Wardah Fajri selaku Founder Bloggercrony Community.

Astri Mertiana menjelaskan tentang Sisternet (dok. BCC)

Astri Mertiana menjelaskan tentang Sisternet (dok. BCC)

Acara dibuka dengan sambutan Astri Mertiana dari Social Innovation Project XL Axiata. Astri menjelaskan, Sisternet adalah program CSR persembahan XL Axiata. Program ini merupakan hasil riset panjang XL Axiata yang mengambil kesimpulan perempuan butuh tempat yang tepat untuk melakukan sharing dan menggali informasi.

Program Sisternet terdiri dari pemberdayaan perempuan secara offline dan online. Secara offline, Sisternet membuat berbagai pelatihan yang berkolaborasi dengan BCC, seperti acara di Malang ini. Di sisi online, Sisternet juga memiliki  modul online yang disebut Modul Pintar Sisternet. Informasi lengkap Modul Pintar dapat diakses melalui situs www.isternet.co.id. Modul tersebut dibagi ke beberapa kategori seperti mengenai Ibu dan Anak, Enterpreneurship, Literasi Digital, dan lain sebagainya.

(Baca juga tentang Pojok Pintar Sisternet)

 Tyas Windarti berbagi materi tentang membentuk Tim Hebat (dok. BCC)

Tyas Windarti berbagi materi tentang membentuk Tim Hebat (dok. BCC)

Tyas Windarti, CEO Bayi Banget Hijab dalam pelatihan tersebut memberikan materi “Tim Hebat Omset Melesat”. Di dalam materi yang disampaikannya, beliau menjelaskan pentingnya membentuk tim hebat yang dimulai dari mindset dan mental usaha yang baik. Pembagian kerja yang tepat juga menunjang usaha lebih besar.

Wardah Fajri berbagi cara mengoptimasi Medsos untuk UKM (dok. BCC)

Wardah Fajri berbagi cara mengoptimasi Medsos untuk UKM (dok. BCC)

Sedangkan dari sisi aktivasi media sosial, narasumber Wardah Fajri berbicara tentang “Optimasi Medsos UKM Cerdas Digital”. Beliau menyampaikan berbagai fakta tentang perlunya medsos atau media sosial untuk menunjang usaha di era 4.0. Beragam tips melakukan optimasi medsos hingga menulis cepat juga dibagikan Founder Bloggercrony Community (BCC) di kesempatan tersebut.

Agnes Pramasurya, Head Indirect Sales Interprise XL Axiata menjelaskan, paket XL Biz yang merupakan paket yang menarik untuk pelaku UKM dan Bisnis. Dengan menggunakan XL Biz, beragam keuntungan bisa didapat, seperti gratis chatting antar sesama tim dalam UKM atau Bisnis yang telah didaftarkan.

Sebelum acara ditutup, ada sesi tanya jawab dengan pembicara. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Instagram yang mendapat hadiah menarik dari Sisternet. Hadiah juga diberikan untuk peserta yang datang paling awal. Selepas itu, ada sesi foto dan bincang bebas yang dimanfaatkan peserta untuk bertanya lebih mendalam kepada narasumber.

Rencananya acara serupa akan digelar ke berbagai kota lainnya. Apakah kota kalian akan dikunjungi? Check for update ya!

Kontributor BCC Squad Malang: Selamet Hariadi

 Foto bersama selepas acara (dok. BCC)

Foto bersama selepas acara (dok. BCC)