Events

Refleksi BloggerDay 2021: Jempolan Bersama Keluarga

BloggerDay 2021 merupakan kali kedua penyelenggaraan hari jadi Komunitas Bloggercrony Indonesia secara daring bersama 100 blogger terpilih. Kondisi pandemi memang mengharuskan siapapun untuk menjaga jarak dan melakukan prosedur kesehatan yang ketat dalam setiap penyelenggaraan acara.

Sebagai upaya menjaga keselamatan para BCC Squad, maka kami memutuskan untuk menyelenggarakan BloggerDay 2021 secara virtual meski bukan hal yang mudah. Terlebih masing-masing dari kita setiap hari disuguhi kegiatan secara daring yang padat. 

Oleh karenanya, para panitia berupaya dengan kreatif menyajikan kegiatan ramah dari waktu ke waktu untuk para BCC Squad. Rangkaian acara yang dirancang virtual itu pun harus berisi value dalam setiap detil kegiatan diberikan. 

Rangkaian BloggerDay 2021

Pengambilan tema #KeluargaJempolan tidak lain sebagai upaya Bloggercrony menggugah kesadaran setiap BCC Squad, untuk saling menguatkan dikala pandemi dimulai dari lingkaran terdekat yaitu keluarga. 

Tema tersebut juga sebagai bentuk refleksi dari para pengurus Bloggercrony, yang hampir 80 persen terinfeksi covid-19 kemudian saling menguatkan satu sama lain layaknya keluarga. Pesan lain yang juga ingin disampaikan ialah, peran sebagai blogger saja tidak cukup sebab perlu ada peran lain yang diambil dan dijalani dalam proses kehidupan.

Bukan tidak mungkin ada masa “Senjakala Content Creator” pada waktu yang akan datang, maka #BloggerHangout bersama dengan Kang Maman Suherman dan Shafiq Pontoh sebagai teman belajar, menjadi kesempatan yang para blogger menimba ilmu agar tetap mampu berkarya secara berkelindan. Keduanya mendorong untuk berpikir kritis dan kreatif, dalam menghadapi masa depan.

Dengan BloggerDay 2021 memiliki ciri khas tersendiri, kegiatan yang dilakukan bukan hanya tentang pengembangan kapasitas BCC Squad sebagai blogger, namun juga ingin membuka ruang perjumpaan dengan keluarga terdekat. Lewat mengajak anak, saudara, atau keponakan berusia anak-anak, untuk “Jalan-Jalan Virtual Bersama Kang Idfi ke Amerika” dipandu dengan sangat meriah oleh @piknikbarengidfi, Idfi Pancani.

Berbagi selalu berdampak baik. Bagi beberapa yang beruntung, Kang Idfi sebagai pemandu virtual memberikan hadiah kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut. Menariknya dalam kegiatan jalan-jalan secara daring tersebut, bukan hanya anak-anak yang menikmati kegiatan tapi juga para blogger. 

Ada canda dan tawa yang hadir dalam ruang percakapan. Sejujurnya itu membuat hati kami sebagai pengurus BCN/X hangat. Boleh jadi sedang berada dalam masa-masa sulit menghadapi pandemi, tapi hal tersebut disimpan oleh BCC Squad sejenak untuk menikmati petualangan virtual bersama orang-orang kesayangan.

Setelah menikmati pelbagai keindahan Amerika, BCC Squad diajak untuk mendarat kembali ke Indonesia. Untuk sesi lanjutan yang mengajak kembali belajar bersama keluarga. Melihat lebih dekat apa yang dirasakan oleh anak-anak dalam proses pembelajaran daring, kemudian belajar berempati dalam proses yang dilalui.

Teman belajar kali itu adalah Ifa H. Misbach dan Kania Safitri dalam sesi “Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh”. Proses kegiatan ini begitu serius dinikmati oleh BCC Squad yang memiliki anak, dan tak jarang menjadi refleksi agar lebih baik mendampingi dan menyikapi apa yang dihadapi oleh anak serta guru. 

Teh Ifa seperti mengajak BCC Squad lebih berempati terhadap apa yang dihadapi oleh anak, serta mengajak untuk mencari solusi terbaik dengan konteks tantangan yang berbeda-beda. Durasi dua jam rasanya begitu singkat terasa sebab pasangan mata BCC Squad tetap berbinar pertanda masih bersemangat rangkaian BloggerDay 2021.

Banyak pertanyaan, rasa penasaran, dan gairah saling berbagi yang dirasakan dari para blogger. Sebetulnya itu yang diharapkan karena kami sebagai penyelenggara ingin memantik BCC Squad untuk terus berproses secara mandiri, sehingga mendapatkan jawaban dalam proses yang ditempuh sesuai jalan yang dipilih.

#BloggerCare dihadirkan juga untuk BCC Squad berbagi pada momen ini. Sebagai rumah, Bloggercrony memfasilitasi anggota keluarganya untuk menyalurkan kepedulian terkait kabar dari keluarga di belahan bumi lainnya. Selalu ada senang ketika bisa membantu.

Selain itu kami ucapkan terima kasih kepada Gita Siwi dan Helena Simarmata yang telah menemani sebagai MC dan moderator di setiap sesi kegiatan BloggerDay 2021. Tak lupa kami sampaikan apresiasi kepada Kitatama, yang telah mendukung keberhasilan kegiatan tahunan Komunitas Bloggercrony Indonesia ini untuk bisa sampai di seluruh nusantara.

Banyak terima kasih juga kepada #Bloggerpreneur. Yaitu: Anesa Cooking, Gerai Aksesoris, Photo Coffee Roastery, EBigsoo, Sreehandmate, Katalensaku_photoworks, Hennahijab_collection, Resep Dapur Ayah, Dapur Sesuka Hati, Duoraji Store, Ayko Projects, Asi Booster Tea, dan Makarame, telah bersedia menemani Bloggercrony dalam penyelenggaraan serta memberikan dukungan untuk kegiatan Bloggerday 2021 menjadi lebih semarak dan membahagiakan sesama.

Dokumentasi Via Tangkapan Layar

Dalam penutup ini, kami mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada seluruh blogger, keluarga BCC Squad, narasumber, bloggerpreneur serta sponsor yang telah mendukung terselenggaranya BloggerDay 2021. Tak lupa, saya sebagai ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia BloggerDay 2021 karena sudah membersamai, sehingga acara berjalan dengan lancar dan memantik semangat seluruh blogger.

Kontributor artikel: BCN/Ketua Panitia BloggerDay 2021, Fawwaz Ibrahim – domisili Bandung

Leave a Comment