Select Page

Hallo #BCCSquad!

Kali ini Sisternet, program CSR dari PT. XL Axiata melanjutkan workshop untuk Sisters di Denpasar, Bali. Tepatnya pada 16 November 2019 di Ruang Pertemuan Balai Diklat Industri Denpasar, diadakan Kelas Literasi Digital – Sister UKM Go Online dengan kembali mengandeng Bloggercrony.

Berbicara tentang UKM Bali, saat ini grafiknya menunjukkan peningkatan. Semua ini tidak lepas juga dari peran perempuan Bali. Terlihat dari antusiasme luar biasa pelaku UKM perempuan untuk mengikuti kelas literasi ini.

Ada 53 peserta yang hadir dalam workshop Kelas Literasi Digital – Sister Go Online. Mereka disuguhi empat jam acara yang dimulai dari pukul 10 pagi hingga 1 siang WITA. Acara kali ini menghadirkan narasumber yang diantaranya; Ibu  Adelia Panjaitan dari Sisternet – XL Axiata, ibu Tyas Windarti dari CEO Bayi Banget Hijab, dan Mba Agnes  Pramasurya dari XL Axiata.

Sesi pertama dengan narasumber yaitu ibu Adelia Panjaitan memaparkan peran perempuan dalam memajukan ekonomi digital. Sisters harus mengambil peranan dalam perkembangan perekonomian digital dan mulai go online untuk bisnis yang dipunya agar terus berkembang.

Lanjut ke narasumber kedua ialah ibu Tyas Windarti selaku CEO Bayi Banget Hijab. Pemaparan ibu Tyas yaitu tentang financial planning untuk UKM. Para peserta workshop diharapkan jadi melek financial planning. Tambahan pesan dari bu Tyas diantaranya, jangan setengah-setengah menjadi pengusaha dan jangan dijadikan usaha ‘sampingan’, harus diseriusi dan ditekuni.

Ditutup dengan narasumber ketiga yaitu mbak Agnes Pramasurya. Dalam sesinya, mba Agnes menjelaskan tentang era industri 4.0. Pada era industri 4.0, kini sehari-harinya kita sudah melakukan segala aktivitas dengan akses internet melalui gadget. Diantaranya, transaksi beli pulsa, bayar tagihan air dan listrik, tarik tunai, serta  transaksi perbankan dan lainnya. Maka peluang untuk kita efisiensikan  aktivitas di luar rumah dengan serba online sehingga bisnis kita bisa dikerjakan dari rumah atau dimana saja.

Acara usai dengan rangkaian foto dan makan bersama pembicara, peserta dan panitia Kelas Literasi Digital. Terimakasih yang dalam dari Bali. Nantinya, kelas Sisternet akan hadir di kota terakhir untuk tahun 2019 ini. Sampai jumpa, lagi!

Kontributor BCC Squad Bali: Geg Erni