Select Page

Hai, BCC Squad. Udah tahu program BloggerCrony (BCC) yang bernama BloggerHangout? Itu, lho ajang upgrade ilmu untukpara BCC Squad di dunia blogger. Januari 2018 ini kami memulai BloggerHangout di Garut dengan Ipan sebagai koordinatornya. Ngomongin apa aja sih di BloggerHangout ke-21 kali ini? Ini nih cerita lengkapnya!

BloggerHangout21 hadir menyapa teman-teman blogger Garut yang saat ini sedang menikmati proses belajar dan mengembangkan minat dan bakat di bidang tulis-menulis kreatif. Mengangkat tema “Creative Writing and Social Media For Begginer”, kegiatan ini diselenggarakan di Taman Bahagia-Wanaraja Kabupaten Garut, Minggu (14/01/2018), diikuti oleh blogger garut dan perwakilan pelajar dari SMKN 2 Garut.

Dalam kesempatan ini, BCC menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Ada Mba Yayat (blogger, buzzer, influncer, dan aktifis media sosial, sekaligus bagian dari BCN) juga ada Kak Jun Joe Winanto (blogger juga content creator).

Ini adalah kegiatan kedua bagi BCC mengadakan BloggerHangout di Garut. Pesertanya antusias, bertambah menjadi 20 orang. Pengalaman dan wawasan yang didapatkan dari narasumber pun semakin bertambah.

Mbak Yayat membagi ilmunya bagaimana menggunakan media sosial (medsos) sebagai seorang pemula. Hal mendasar yang harus diketahui bagi pemula adalah mengetahui karakteristik dari masing-masing media sosial. Jangan sampai salah, ya penggunaannya. Kami spesifik, hanya membahas media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai tiga medsos yang paling digunakan orang-orang Indonesia.

Kalau sudah membuat akun medos, kata Mbak Yayat, pastikan akun tersebut hidup dengan rutin posting berisi informasi bermanfaat. Ibu dari tiga anak ini juga menjelaskan apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan selama kita menggunakan media sosial. Menebar hoaks dan kebencian? Tentu masuk daftar yang dilarang dalam bermdia sosial dong, ya!

Quote, “Media sosial bukan untuk ditakuti, tapi dipelajari”. -Yayat, BCC Influencer Head.

Di sisi lain, Kak Jun Joe membagi ilmunya bagaimana menulis supaya enak dibaca dan pesan yang disampaikan sampai ke pembaca. Ternyata menulis itu tidaklah sulit, BCC Squad asal kitanya juga rajin berlatih. Alah bisa karena biasa, ‘kan?

Di BloggerHangout21 ini juga kami mengenal ilmu kaligrafi kufi yang disampaikan oleh Pak Asep Chaerulloh, pemilik Tanam Bahagia. Kufi itu asal kata-nya “kufah”, salah satu kota peradaban Islam di Irak. Jadi, kaligrafi kufi adalah salah satu aliran atau genre kaligrafi yang berasal dari Kufah, Irak.

Kaligrafi kufi adalah sebuah kaligrafi dengan teknik lukisan bergenre kubisme hingga terlihat kaku atau tanpa kurva (lengkungan). Kalau BCC Squad ingin belajar kaligrafi kufi bisa lho datang langsung ke Taman Bahagia di Wanaraja, Garut.

Mau ikutan belajar bersama BCC seputar dunia blogger? Pantengin Facebook Group BloggerCrony, ya. Segala aktivitas BCC dipublikasikan pertama kali di sana. Sampai jumpa di ajang pembelajaran (BloggerHangout) berikutnya!

Penulis: Jang Ipan