Select Page

Rangkaian acara I SEE Fest yang berlangsung sejak tanggal 27 September hingga 6 Oktober 2019 akhirnya selesai juga. Salah satu dari rangkaian acara I SEE Fest adalah Community Festival yang digawangi oleh Feskomindo, dan difasilitasi oleh Facebook Community Leadership Circle. Bloggercrony Community yang menjadi komunitas blogger di Indonesia, turut ambil bagian dalam kemeriahan festival komunitas ini.

BCC dan CLC Facebook

Selama 10 hari diadakan, Bloggercrony Community mempersembahkan rangkaian kegiatan yang diikuti baik oleh member maupun non-member. Sesuai dengan tagline Bloggercrony Community : Blogging, Networking, Empowering, kegiatan yang diadakan pastinya punya nilai lebih. Tidak sekadar kumpul-kumpul  saja, tapi ada nilai edukasi yang bisa diambil. Semua kegiatan disusun sedemikian rupa oleh founder dan co-founders, untuk memberikan yang terbaik bagi para blogger yang hadir. Tujuannya agar blogger tidak hanya menjadi blogger, tapi blogger yang memiliki value atas dirinya sendiri.

Ada Kegiatan Apa Saja?

 

Bloggercrony Community menempati booth CLC 13 di area Parkir Timur GBK. Untuk bisa masuk ke area I SEE Fest, Bloggercrony Community membagikan tiket gratis lewat aktivitas di media sosial. Kalau beli tiket pribadi, harganya 25 ribu untuk weekday dan 35 ribu untuk weekend.

Berbagai kegiatan diadakan di dalam booth. Karena ukuran booth yang tidak terlalu besar, panitia membatasi jumlah blogger tiap harinya. Dalam rangkaian I SEE Fest, sempat terjadi suasana yang tidak kondusif. Ini menjadikan panitia menutup area festival selama 2 hari. Karena schedule sudah disusun, akhirnya Bloggercrony Community mengalihkan kegiatan di sebuah coffee shop. Blogger tetap hadir, dan acara pun tetap terlaksana.

Blogger Influencer Coaching Clinic

 

Kegiatan ini ditujukan bagi blogger yang ingin belajar soal branding. Menjadi blogger tidak melulu soal banyak-banyakan job.

Blogger harus memiliki branding dimana itu akan menjadi ciri khasnya. Jadi ketika nama kita disebut sebagai blogger, orang bakal langsung tahu ciri khas kita.

Tuhu Nugraha, menjadi coach selama 5 hari untuk 5 blogger yang sudah terseleksi. Materi yang diberikan oleh Tuhu seputar personal branding, digital strategy, blog positioning, dan monetizing. Beruntung sekali blogger yang bisa private coaching bareng Tuhu Nugraha, karena bisa konsultasi sekaligus curhat soal blog secara pribadi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin Bloggercrony Community yaitu BloggerHangout. Kegiatan yang biasa diadakan tiap bulan ini bertujuan agar blogger bisa memiliki wawasan yang lebih luas.

Sharing Session for Mental Health

 

Kerja bareng dengan Indonesia Care for Rare Disorders, Bloggercrony Community mengadakan sharing session soal penyakit langka, tumbuh kembang anak, dan mental health. Ada juga kegiatan lain bersama psikiater dan psikolog seperti : konseling dan screening mental health serta konseling parenting.

Selain itu, Bloggercrony Community juga bekerjasama dengan MotherHope Indonesia. Kegiatan yang diadakan adalah sharing session soal kesehatan jiwa dalam keluarga. Materinya tentu jadi ilmu baru bagi para blogger. Tidak hanya dijejali dengan ilmu blogging saja, blogger juga perlu belajar soal kesehatan jiwa. Karena yang perlu diketahui adalah kesehatan jiwa dimulai dari keluarga yang sehat.

Kegiatan sharing seassion yang diadakan menjadi bagian dari signature activity Bloggercrony Community yaitu BloggerCare. Tidak setiap bulan diadakan, namun sejak berdirinya Bloggercrony sudah beberapa kali diadakan.

Fashion and Beauty Hack With Expert

 

Seperti yang kita tahu kalau blogger terbagi menjadi beberapa niche. Kecenderungan blogger menulis satu tema, menjadikan blogger punya niche tersendiri. Niche blog yang saat ini kita ketahui seperti : beauty, fashion, parenting, lifestyle, travel, dan food. Makin fokus pada satu tema, makin baik. Jadi, blogger bisa fokus pada nichenya dan tidak menulis di luar niche blog.

Namun, bukan berarti blogger yang sudah punya niche sendiri tidak boleh belajar soal niche lain. Alangkah baiknya memang, blogger memiliki wawasan yang luas. Supaya blogger lebih kaya dalam menulis.

Satu kegiatan yang diadakan di booth Bloggercrony Community pada ajang I SEE FEST adalah Fashion dan Beauty Hack. Bloggercrony menghadirkan Yopi Saputra sebagai narasumber untuk sharing seputar fashion. Selain sebagai fashion expert, Yopi Saputra juga merupakan seorang blogger. Pengalamannya di bidang fashion tentu menjadikan diskusi jadi lebih berisi.

Sedangkan untuk Beauty Hack, ada Kania Safitri sebagai narasumber. Di kalangan blogger, Kania Safitri dikenal sebagai Beauty Blogger yang professional. Social medianya rapih dengan jumlah follower instagram mencapai 21 ribu. Kania Safitri membagikan tips dan trik seputar make up bagi blogger, terutama blogger yang bukan beauty blogger. Bloggercrony mendapatkan support dari Makeupuccino, toko makeup yang berbasis di Bandung. Blogger yang hadir mendapatkan makeup box yang bikin sumringah.

Blog Checking: Check Your Blog

 

Kegiatan yang tidak kalah menarik adalah Blog Checking. Kegiatan ini ditujukan bagi blogger yang penasaran dan ingin tahu apakah blognya sehat atau tidak. Ternyata bukan fisik blogger saja yang perlu sehat, blog pun harus sehat juga. Ada pasangan suami istri, Punto dan Monica Anggen yang menjadi mentor dalam kegiatan blog checking ini. Setiap hari selama acara berlangsung, blogger terpilih dipersilakan untuk berkonsultasi.

Street Photography for Blogger

 

Kemampuan basic yang penting untuk dimiliki oleh seorang blogger adalah kemampuan mengambil gambar. Blog bisa dikatakan berkualitas tidak hanya dari segi penulisan saja, tapi juga dalam hal penyajian gambar. Ibarat blog adalah rumah dan gambar adalah satu dari desain interiornya. Makin bagus yang ditampilkan, maka makin betah pembaca untuk datang lagi.

Bloggercrony Community concern menjadikan blogger yang multitalented. Tidak hanya mahir dalam menulis, tapi juga mahir dalam skill lain yang tentu mendukung profesi blogger. Kegiatan yang juga hadir di booth Bloggercrony dalam ajang ISEEFEST adalah sharing session bersama Widya Amrin, street photographer yang juga seorang blogger.

Dalam sesi bersama Widya, blogger diajarkan bagaimana menghasilkan gambar yang menarik dengan device yang ada. Karena, untuk menghasilkan gambar yang berkualitas, tidak melulu soal alat. Dengan alat seadaanya, ternyata kita juga bisa menghasilkan gambar yang bagus. Asalkan tahu triknya dan tahu caranya memaksimalkan alat yang ada.

Seluruh kegiatan yang diadakan Bloggercrony Community di ajang ISEEFEST, semata-mata agar wawasan blogger makin luas serta bisa meningkatkan skill. Karena, makin banyaknya blogger yang bermunculan, menjadikan kita harus ekstra usaha meningkatkan kemampuan diri. Hasil akhirnya, tentu bisa menjadi blogger professional.

Selama kegiatan ISEEFEST berlangsung sejak tanggal 27 September hingga 6 Oktober 2019, Bloggercrony Community didukung oleh banyak relawan yang merupakan member Bloggercrony sendiri. Selain itu, dukungan dari Community Leadership Circles Jakarta yang merupakan program dari Facebook Asia Pasifik menjadikan Bloggercrony Community akhirnya bisa hadir di ISEEFEST.

Satu yang terus digaungkan oleh Komunitas Blogger yang memiliki member di seluruh Indonesia ini adalah, blogger harus terus teredukasi. Dengan begitu, ekosistem di dunia blogging bisa tumbuh dengan sehat dan produktif dengan cara yang baik.

Terima kasih untuk semua dukungan. Semoga Bloggercrony Community bisa terus memberikan yang terbaik untuk bloggers.

Kontributor BCC Squad Jabodetabek: Risalah Husna

BCC dan CLC iseefest 2019