Select Page

Halo BCC Squad!

Pastinya sudah pada tahu kan, kalau di ISeeFest 2019 Bloggercrony dapat Booth Komunitas? Jadi, Bloggercrony Community adalah salah satu komunitas dalam naungan Facebook Community Leadership Circles yang bisa pameran di area Festival Komunitas, ISeeFest atau Indonesia Senayan Festival.

Kesempatan ini menjadi satu ajang kopdar dan juga kolaborasi dengan komunitas lain dalam bentuk kerja sama mengedukasi dan menunjukkan kepedulian pada masyarakat. Jadi, pada hari Sabtu, akhir pekan 28 September 2019, BCC mengadakan kegiatan kolaborasi bersama komunitas ‘Indonesia Care for Rare Disease’ dan komunitas ‘Mother Hope Indonesia’ di booth CLC 13.

Booth CLC 13 menjadi tempat di mana sejumlah blogger terpilih dan masyarakat umum yang mendaftar mendapat layanan konseling gratis dari komunitas Mother Hope Indonesia dan Komunitas Indonesia Care For Rare Disease.

Konseling yang diberikan meliputi kesehatan mental dan tumbuh kembang anak, juga konseling parenting. Konseling  kesehatan mental ini bekerja sama dengan psikiater dan psikolog dari lembaga Unity For Mental Health, dan Lembaga Yamet. Member Bloggercrony yang beruntung mendapatkan sesi konseling ini sebanyak  8 orang.

Pada sesi konseling kesehatan mental, Booth CLC 13 diisi oleh konselor dan peserta konseling saja untuk menjaga kerahasiaan percakapan. Setiap peserta konseling diberikan waktu 30 menit. Sesi ini dimulai dari jam 10 pagi.

Sesi konsultasi tumbuh kembang anak dan parenting juga menjadi sesi yang menarik. Dokter T Gunadi secara singkat memberikan masukan dan bimbingan terkait setiap keluhan dari peserta dengan penjelasan yang mudah dimengerti. Peserta tak hanya mendapatkan sesi konsultasi, namun juga kesempatan mendapatkan screening tumbuh kembang anak yang didaftarkan. Sesi ini dimulai pukul 1 siang.

Acara yang merupakan bentuk kepedulian blogger pada penyakit yang jarang ada di Indonesia dan juga kesehatan mental secara umum. Blogger diharapkan dapat menyebarkan konten positif yang relevan dengan kesehatan mental serta tumbuh kembang anak, khususnya anak dengan kebutuhan khusus.

Sebagaimana BCC Squad tahu, komunitas Bloggercrony adalah komunitas yang tidak hanya mengajak blogger memiliki etika dalam menulis serta sikap yang positif tetapi juga menunjukkan kepedulian pada isu-isu di sekitar. Isu kesehatan mental adalah salah satu dari sekian banyak yang ada di masyarakat Indonesia.

Sementara itu komunitas Indonesia Care for Rare Disease adalah komunitas pendukung bagi penyandang dan keluarga dengan kelainan yang langka di Indonesia kelainan langka ini didasarkan pada kondisi sedikitnya penderita kelainan yang sama.

Komunitas Mother Hope Indonesia merupakan komunitas yang dibentuk untuk memberikan dukungan psikologis kepada para ibu dan keluarga yang mengalami masalah mental depresi pasca melahirkan yang merupakan upaya pencegahan dari depresi setelah melahirkan.

Pada penghujung acara diadakan juga sharing sessions untuk mendengarkan cerita dari pendiri Mother Hope Indonesia, Ibu Nuryana Yirah dan Pendiri Indonesia Care For Rare Disease, Ibu Wynanda Bagiya Saputri yang menjelaskan organisasi dan komunitas mereka. Sharing session ini dimoderatori secara langsung oleh Founder komunitas Bloggercrony,  Wardah Fajri yang tampak antusias memandu acara.

Kepedulian terhadap kesehatan mental merupakan hal yang perlu terus didengungkan. Sama halnya dengan kesadaran orang tua tentang tumbuh kembang anak dan bagaimana membangun hubungan orang tua dan anak yang sehat dalam kondisi yang baik maupun tidak. Anak berpenyakit langka bukan beban, namun anugerah sehingga orang tua mampu menjadi orang tua yang baik.

Nah, ayo kita kontribusi, kepedulian kita pada kesehatan mental, khususnya tumbuh kembang anak dengan kebutuhan khusus.

Kontributor #BCCSquad Jabodetabek: Maria Etha